Lifestyle

Yuk Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Puasa di Tengah Pandemi COVID-19

18 May 2020
Yuk Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Puasa di Tengah Pandemi COVID-19

Ada yang berbeda dari puasa Ramadhan tahun ini, sebab kali ini ibadah puasa dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Salah satu cara untuk terhindar dari infeksi virus Covid-19 ialah dengan menjaga kesehatan tubuh. 

Menjaga kesehatan selama berpuasa sangatlah penting, namun bagaimana caranya ketika kita harus mengurangi asupan makanan dan minuman dalam waktu 14 jam lebih? 

Menjaga KesehatanTubuh dengan Makanan Bergizi 

Cara paling penting untuk menjaga kesehatan tubuh ialah dengan konsumsi makanan bergizi. Dikutip dari Liputan6.com, menurut Pratiwi, Senior Nutrisionist Gorry Holdings, zat-zat gizi untuk menjaga kekebalan dapat diperoleh dalam makanan yang bergizi seimbang. Jadi tidak hanya bergizi saja, namun perlu diatur agar tidak sampai kelebihan ataupun kekurangan.

Untuk menyeimbangkan asupan gizi, makanlah buah dan sayuran berwarna-warni seperti jeruk, pepaya, bayam, kangkung, sawi putih, dsb. Lengkapi dengan konsumi karbohidrat, namun bukan hanya nasi putih saja. Sumber karbohidrat yang dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh merupakan karbohidrat kompleks yang kaya serat seperti nasi merah, jagung atau kentang.

Hindari konsumsi protein dengan lemak jahat. Perbanyak makan ikan, dada ayam tanpa kulit dan juga tempe/tahu. Untuk mempermudah puasa, disarankan untuk menambah asupan makanan yang menghidrasi seperti air kelapa, semangka, apel, selada, tomat, dsb.

Segala jenis makanan bergizi seimbang yang dikonsumsi dapat membantu meningkatkan kekebalan dalam tubuh. Namun, pastikan juga dikonsumsi secara bertahap ya. Hindari makan sahur dan buka terlalu banyak. Buat jadwal makan teratur dan secukupnya mulai dari sahur, berbuka dan snack malam yang menyehatkan.

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Olahraga

Selain konsumsi makanan bergizi seimbang, upaya menjaga kesehatan tubuh yang harus dilakukan ialah dengan olahraga. Mustahil kekebalan pada tubuh terjaga tanpa adanya aktivitas fisik. Menurut dr.Arti Indira M. Gizi, Sp. GK dalam IG Live bersama dr. Tompi, harus ada aktivitas fisik selain konsumsi asupan makanan yang benar untuk menjaga kekebalan. 

Bagaimana cara melakukan olahraga selama masa self-quarantine ini? Ada berbagai aktivitas fisik sederhana yang bisa dilakukan seperti plank, jumping jacks, squats, wall sit, dsb. Kegiatan ini bisa kamu lakukan bersama dengan kegiatan rumah lainnya. Mudah bukan?

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Istirahat

Tidak ada salahnya beristirahat jika kamu sudah merasa lelah. Lebih bagus lagi apabila kamu menyiapkan waktu khusus untuk beristirahat. Salah satu cara istirahat yang baik ialah dengan tidur. 

Kurang tidur dapat mengganggu kesehatan tubuh secara perlahan. Menurut motivator kesehatan, Dr. Handrawan Nadesur, selama tertidur tubuh memperbaiki sel-selnya dan memperkuat imun. Oleh karena itu, pastikan jam tidur selama berpuasa tetap tercukupi yakni sekitar 8-9 jam sehari.

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Sanitasi yang Baik

Akan terasa percuma apabila berbagai upaya menjaga kesehatan dilakukan tanpa memperhatikan sanitasi diri dan rumah. Menjalanan sanitasi yang baik dapat mencegah anda terinfeksi penyakit. Oleh sebab itu, biasakan untuk mandi teratur, membuang sampah pada tempatnya dan cuci tangan dengan air bersih. 

Jika kebetulan sedang berpergian, cucilah tangan dengan produk pembersih kuman yang fleksibel seperti Saniter Hand Sanitizer Gel atau Spray. Saniter Hand Sanitizer Gel dan Spray merupakan pembersih tangan yang efektif membunuh kuman penyebab penyakit tanpa harus dibilas. Produk ini mengandung anti-bacterial yang aman dan lembut untuk kulit.

Selain menjalankan sanitasi diri, menjaga kesehatan tubuh juga harus didukung dengan sanitasi di rumah. Bersih-bersih di rumah tidak hanya menyapu dan mengepel lantai, pastikan area yang sering tersentuh seperti gagang pintu, lemari, shower, meja, dan berbagai lapisan yang ada di rumah disemprot dengan disinfektan agar bebas kuman.

Untuk mempermudah, gunakanlah disinfektan seperti Saniter Air & Surface Sanitizer. Semprotkan produk Saniter ini pada berbagai benda atau permukaan yang ingin dibersihkan, maka kuman-kuman penyebab penyakit akan hilang. Selain itu, produk ini juga memberikan kesegaran pada ruangan. Sehingga, ruangan bersih, kuman penyebab penyakit juga hilang.

< Kembali
Image decoration

REKOMENDASI PRODUK

Saniter Hand Wash

Saniter Hand Wash

Saniter All Surface Disinfectant

Saniter All Surface Disinfectant

ARTIKEL TERKAIT

Wujudkan #IndonesiaTerlindungi, Saniter Jalin Kerja Sama dengan Gojek Dukung Program J3K
Lifestyle

Wujudkan #IndonesiaTerlindungi, Saniter Jalin Kerja Sama dengan Gojek Dukung Program J3K

Galang Inisiatif #IndonesiaTerlindungi, Saniter Bekerja Sama dengan Kereta Commuter Indonesia Lindungi Pengguna dari Covid-19
Lifestyle

Galang Inisiatif #IndonesiaTerlindungi, Saniter Bekerja Sama dengan Kereta Commuter Indonesia Lindungi Pengguna dari Covid-19

Pandemi Belum Berakhir, Cuci Tangan Secara Benar dengan Beberapa Langkah Berikut Ini!
Lifestyle

Pandemi Belum Berakhir, Cuci Tangan Secara Benar dengan Beberapa Langkah Berikut Ini!