Health

Membersihkan Tangan yang Praktis Ketika Berpegian, Bagaimana Caranya?

18 May 2020
Membersihkan Tangan yang Praktis Ketika Berpegian, Bagaimana Caranya?
Pentingnya mencuci tangan sebagai cara membersihkan tangan seringkali disepelekan oleh banyak orang. Menurut Kementerian Kesehatan, hanya 20% masyarakat Indonesia yang peduli untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangannya. Padahal berbagai masalah kesehatan seringkali ditimbulkan dari malas mencuci tangan.

Pentingnya Membersihkan Tangan 

Sejatinya, menghindari infeksi kuman-kuman yang menjadi sumber penyakit berbahaya merupakan salah santu manfaat mencuci tangan. Menurut Novita Simbolon, Infection Prevention & Control Nurse (IPCN) Rumah Sakit Awal Bros Batam, dilansir dari awalbros.com, 98% penyebaran kuman yang ada di tubuh berasal dari tangan.

Walaupun terlihat bersih, tidak menjamin tangan tersebut bebas dari kuman. Pada umumnya, kuman-kuman yang bersarang di tangan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Penyakit seperti pilek, infeksi bakteri E.coli, diare, hingga infeksi menular seperti impetigo dapat menjangkit orang-orang yang jarang membersihkan tangannya. Perpindahan virus dan bakteri dapat terjadi dengan mudah melalui tangan dan masuk ke dalam tubuh melalui mulut. 

Iritasi dan gangguan pada area mata juga dapat menjangkiti orang yang malas membersihkan tangannya. Seringkali, mata terasa gatal dan anda menggunakan tangan untuk mengusapnya. Kebiasaan mengusap dan menyentuh mata dengan tangan kotor dapat menimbulkan masalah serius pada mata.

Untuk menghindari hal tersebut, anda perlu mencuci tangan dengan air mengalir yang bersih dan juga sabun. Kandungan yang ada pada sabun dapat membersihkan kotoran dan kuman dengan cepat. Tetapi, bagaimana jika anda sedang berpergian dan tidak ada air bersih dan sabun?

Membersihkan Tangan yang Praktis Saat Berpergian

Risiko terpapar kuman penyebab penyakit lebih besar jika anda sedang berpergian di luar rumah. Mulai dari menyentuh fasilitas umum hingga kontak langsung dengan orang lain, semua hal bisa meningkatkan risiko terpapar kuman-kuman berbahaya. 

Mencari air bersih dan sabun mungkin akan merepotkan selama beraktivitas di luar. Oleh sebab itu, penting sekali untuk membawa pembersih tangan tanpa bilas seperti hand sanitizer di dalam tas anda.

Hand sanitizer merupakan pembersih tangan dengan kandungan alkohol lebih dari 60% yang berguna sebagai pengganti air dan sabun. Selain kandungan alkohol, kandungan lain yang ada dalam hand sanitizer mampu membersihkan kuman-kuman yang ada pada tangan.

Penggunaan hand sanitizer tak jauh berbeda dengan penggunaan sabun dan air dalam membersihkan tangan. Anda hanya perlu mengusap cairan pembersih tangan ke telapak tangan secukupnya pada kedua telapak tangan, lalu membersihkan punggung tangan, sela-sela jari, sela-sela kuku, dan bagian jari-jari lainnya hingga bersih.

Memilih Hand Sanitizer untuk Membersihkan Tangan

Pembersih tangan tanpa bilas yang ampuh membunuh kuman biasanya mengandung kandungan alkohol di atas 60%. Kandungan alkohol dengan jumlah tersebut lebih efektif dibandingkan dengan jenis pembersih tangan selain sabun lainnya. Oleh sebab itu, perhatikan kandungan alkohol produk pembersih tangan sebelum membelinya.

Di samping melihat kandungannya, anda juga perlu melihat keaslian dan keamanan produk. Anda bisa melakukan pengecekan di lembaga pemerintah seperti infoalkes.kemkes.go.id untuk mengetahuinya.

Ada berbagai produk hand sanitizer yang beredar di pasaran. Salah satu produk yang bisa anda beli ialah Saniter. Saniter sendiri merupakan pembersih tangan yang diluncurkan oleh Godrej Indonesia dengan manfaat membunuh kuman secara cepat tanpa dibilas.

Sebagai produk pembersih tangan tanpa bilas, Saniter memiliki dua varian yakni instant gel dan instant spray. Kedua produk pembersih tangan ini sama-sama mengandung anti-bacterial yang aman dan lembut di kulit. Bentuknya yang kecilpun sangat praktis untuk dibawa saat berpergian.

Selain produk yang berguna untuk membersihkan tangan, Saniter juga memiliki produk Air & Surface Spray Sanitizer yang dapat difungsikan sebagai pembersih berbagai benda dan permukaan. Mulai dari gagang pintu, permukaan meja, jaket dan sepatu, dan lain sebagainya. 

Jika tertarik untuk membelinya anda dapat mengunjungi toko resmi Godrej Indonesia di Shoppee dan Tokopedia. Selain itu, Saniter juga dapat dijumpai di minimarket dan supermarket terdekat.
< Kembali
Image decoration

REKOMENDASI PRODUK

Saniter Hand Sanitizer Instant Gel

Saniter Hand Sanitizer Instant Gel

Saniter Fabric Disinfectant Spray

Saniter Fabric Disinfectant Spray

ARTIKEL TERKAIT

Hindari Beberapa Kebiasaan Ini Saat Menggunakan Hand Sanitizer Agar Tetap Efektif dalam Membasmi Kuman
Health

Hindari Beberapa Kebiasaan Ini Saat Menggunakan Hand Sanitizer Agar Tetap Efektif dalam Membasmi Kuman

Alasan Mengapa Harus Selalu Membawa Hand Sanitizer Ketika Beraktivitas di Masa New Normal
Health

Alasan Mengapa Harus Selalu Membawa Hand Sanitizer Ketika Beraktivitas di Masa New Normal

Yuk Intip Beberapa Fakta Menarik dari Hand Sanitizer yang Dapat Mencegah Paparan Virus Covid-19!
Health

Yuk Intip Beberapa Fakta Menarik dari Hand Sanitizer yang Dapat Mencegah Paparan Virus Covid-19!